Jumat, 11 Agustus 2017

Asam urat tinggi, Gejala dan penyebabnya

Asam urat tinggi, Gejala dan penyebabnya,- kadar asam urat tinggi mengacu pada kondisi konsentrasi tinggi asam urat dalam aliran darah, yang terkait dengan kegagalan tubuh mengacu dalam mengeluarkan asam urat atau peningkatan produksi asam urat. Memahami gejala asam urat tinggi dapat membantu anda mengobati kondisi ini dengan tepat.

Hyperuricemia, yang umumnya di kenal sebaga kadar asam urat tinggi, mengacu pada jumlah asam urat yang berlebihan dalam aliran darah. Kadar asam urat yang tinggi umumnya lebih sering didiagnosis pada pria di bandingkan wanita, dan pada orang di atas 65 tahun.

Pemecahan purin dalam makanan yang kita makan menghasilkan pelepasan asam urat sebagai produk sampingan. Purin banyak di temukan dalam daging dan produk daging, seperti organ dalam hewan. Biasanya, asam urat diangkut melalui aliran darah ke ginjal dan dieliminasi dalam urin.

Penyebab asam urat tinggi

Beberapa penyebab umum dari kadar asam urat tinggi termasuk kondisi medis, obat-obatan, predisposisi genetik, dan faktor makanan.

Obat dan vitamin: obat diuretik, niasin, vitamin B3, obat imunosupresif
Kondisi medis: tiroid kurang aktif (hipotiroidisme), leukemia, psoriasis, obesitas
Makanan: konsumsi kafein dan alkohol dalam jumlah tinggi, makanan kaya purin (daging dan produk daging, makanan laut, ikan bercangkang, dan kacang-kacangan).

Gejala asam urat tinggi
Peningkatan kadar asam urat mungkin tidak terdiagnosis karena beberapa orang mungkin asimtomatik. Namun, beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi mungkin mengalami gejala karena efek dari asam urat yang berlebihan pada tubuh mereka. Misalnya, hiperurisemia dapat menyebabkan gout (radang sendi) dan penyakit ginjal seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Kondisi medis ini akan diekplorasi secara rinci sebagai berikut:

Gagal ginjal. gejala yang paling parah terkait dengan kadar asam urat tinggi adalah gagal ginjal, yang bermaininfestasi  menjadi kurang kencing, sesak napas, pembengkakan pada tungkai, kebingungan dan mengantuk, kelelahan, atau nyeri dada. Gagal ginjal dapat berkembang pada pasien dengan leukimia, limfoma hodgkin dan limfoma non-hodgkin karena kadar asam urat. Ini biasanya merupakan konseukuensi dari kemoterapi, yang membunuh sel sel ganas.

Gout berkembang karena reasksi imunologis terhadap akumulasi kristal asam urat pada sendi. Gout di tandai dengan rasa sakit yang hebat pada sendi, peradangan pembengkakan dari sendi, demam, dan pengelupasan kulit di sekitar sendi. Kadar asam urat melebihi 10mg/dl meningkatkan risiko pengembangan gout.

Batu ginjal dapat berkembang pada orang yang menderita kadar asam urat tinggi, dan batu ginjal mungkin tidak terdeteksi sampai mereka terjebak dalam ureter yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa menyakitkan dan membuat seseorang sering buang air kecil, kencing darah, mual dan muntah. Gejala klasik dari batu ginjal adalah nyeri tiba-tiba dan intens dalam perut, panggul dan daerah pangkal paha, yang cenderung datang secara bertubi-tubi. Gejala tambahan mencakup kencing darah dan rasa nyeri saat buang air kecil.

Penyakit lain, meskipun penelitian terakhir telah menunjukan bahwa kadar asam urat tinggi terkait dengan hipertensi dan penyakit jantung, hal itu masih harus di teliti apakah mengurangi kadar asam urat akan mengurangi kondisi tersebut.

Kenali rasa sakit yang anda rasakan, jika sakit tetap berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar